Ritz                                        – Carlton Bali Resort & Spa demikian                                        nama yang disandang hotel yang berada ujung                                        Barat daya pulau Bali tepatnya di Jalan                                        Karang Mas Sejahtera Jimabaran, sekitar                                        15 menit dari Bandara Internasional Ngurah                                        Rai. Lokasinya unik. samudra Indian yang                                        biru terbentang luas dengan kelap-kelip                                        cahaya di siang hari dan sunset di sore                                        hari. Dengan motto “We are Ladies                                        and Gentlemen serving Ladies and Gentlemen”                                        hotel yang memiliki 1000 karyawan ini menyebutkan                                        bahwa servis adalah missi utama mereka.
                                      Tak diragukan memang, dalam penilaian Tri                                        Hita Karana Tourism Award 2006, hotel ini                                        berhasil memperoleh nilai teringgi dalam                                        “pawongan” (hubungan manusia                                        dengan manusia) dalam tiga kali perolehan                                        emas sehingga berhasil menyebet Tropy Emerald                                        tahun 2006. “Kunci sukses sebenarnya                                        ada pada kerja keras, dukungan dan komitmen                                        team kami yang solid,” ungkap David                                        Colin Wilson, General Manager the Ritz Carlton                                        Bali.
                                      “Kami sangat konsisten dengan moto                                        kerja yang kami buat. Saling menghargai                                        yang dalam masyarakat Bali disebut tat wam                                        asi (saya adalah kamu dan kamu adalah saya)                                        menjadi pedoman kami,” ujar Prami                                        Pratiwi Director of Public Relation Ritz-Carlton                                        Bali. Bahkan setiap karyawan memegang suatu                                        pedoman yang disebut dengan Credo card yang                                        berisi visi dan misi hotel yang dibuat dari                                        oleh dan untuk karyawan.
                                      Bahkan demi menjaga keharmonisan hubungan                                        antarkaryawan dan management hotel berbintang                                        5 dengan luas 77 hektar ini memiliki sebuah                                        lembaga yang disebut dengan “fokus                                        group”. “Fokus Group merupakan                                        sebuah lembaga yang kami bentuk yang memiliki                                        tujuan sebagai jembatan penghubung antarkaryawan                                        dan management. Jadi setiap kritik dan saran                                        akan disampaikan oleh semua chief departemen                                        yang ada yang nantinya akan disampaikan                                        kepada General Manager,” jelasnya.                                       
                                      Meskipun sebagian orang menggangap karyawan                                        Bali sering libur karena banyak memiliki                                        hari raya, namun hotel ini membantah. “Meskipun                                        90% karyawan berasal dari Bali, namun bukan                                        suatu hambatan bagi kami karena kami memiliki                                        4 jam kerja. Malahan merupakan salah satu                                        plus point utama hotel mengingat masyarakat                                        Bali terkenal dengan keramah-tamahannya”.                                       
                                      Manariknya setiap akhir bulan hotel yang                                        memiliki Thalasso & Spa terbesar di                                        Asia ini setiap akhir bulan selalu mengadakan                                        acara ulang tahun bagi karyawannya. “Pesta                                        ulang tahun selalu kami lakukan bagi karyawan.                                        Bahkan tak jarang Mr David (GM) yang langsung                                        terjun untuk membuat masakan bagi karyawan                                        yang sedang berHUT,” kata Prami.
                                      Tak ada perbedaan yang diterapkan di hotel                                        ini, tamu, karyawan dan managemen memilki                                        derajat yang sama. Saling menghargai, toleransi,                                        rendah hati, kebersamaan serta menjalankan                                        komitment yang telah disepakati merupakan                                        janji yang dipegang oleh karyawan. “open                                        door policy”. Itulah prinsip yang                                        dipegang mangement demi menjaga hubungan                                        harmonis dengan karyawan sebagai penyedia                                        servis.
                                      (BTN/008)
No comments:
Post a Comment