Wednesday, June 6, 2007

Ritz-Carlton, Bali Resort and Spa

Ritz – Carlton Bali Resort & Spa demikian nama yang disandang hotel yang berada ujung Barat daya pulau Bali tepatnya di Jalan Karang Mas Sejahtera Jimabaran, sekitar 15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Lokasinya unik. samudra Indian yang biru terbentang luas dengan kelap-kelip cahaya di siang hari dan sunset di sore hari. Dengan motto “We are Ladies and Gentlemen serving Ladies and Gentlemen” hotel yang memiliki 1000 karyawan ini menyebutkan bahwa servis adalah missi utama mereka.
Tak diragukan memang, dalam penilaian Tri Hita Karana Tourism Award 2006, hotel ini berhasil memperoleh nilai teringgi dalam “pawongan” (hubungan manusia dengan manusia) dalam tiga kali perolehan emas sehingga berhasil menyebet Tropy Emerald tahun 2006. “Kunci sukses sebenarnya ada pada kerja keras, dukungan dan komitmen team kami yang solid,” ungkap David Colin Wilson, General Manager the Ritz Carlton Bali.
“Kami sangat konsisten dengan moto kerja yang kami buat. Saling menghargai yang dalam masyarakat Bali disebut tat wam asi (saya adalah kamu dan kamu adalah saya) menjadi pedoman kami,” ujar Prami Pratiwi Director of Public Relation Ritz-Carlton Bali. Bahkan setiap karyawan memegang suatu pedoman yang disebut dengan Credo card yang berisi visi dan misi hotel yang dibuat dari oleh dan untuk karyawan.
Bahkan demi menjaga keharmonisan hubungan antarkaryawan dan management hotel berbintang 5 dengan luas 77 hektar ini memiliki sebuah lembaga yang disebut dengan “fokus group”. “Fokus Group merupakan sebuah lembaga yang kami bentuk yang memiliki tujuan sebagai jembatan penghubung antarkaryawan dan management. Jadi setiap kritik dan saran akan disampaikan oleh semua chief departemen yang ada yang nantinya akan disampaikan kepada General Manager,” jelasnya.
Meskipun sebagian orang menggangap karyawan Bali sering libur karena banyak memiliki hari raya, namun hotel ini membantah. “Meskipun 90% karyawan berasal dari Bali, namun bukan suatu hambatan bagi kami karena kami memiliki 4 jam kerja. Malahan merupakan salah satu plus point utama hotel mengingat masyarakat Bali terkenal dengan keramah-tamahannya”.
Manariknya setiap akhir bulan hotel yang memiliki Thalasso & Spa terbesar di Asia ini setiap akhir bulan selalu mengadakan acara ulang tahun bagi karyawannya. “Pesta ulang tahun selalu kami lakukan bagi karyawan. Bahkan tak jarang Mr David (GM) yang langsung terjun untuk membuat masakan bagi karyawan yang sedang berHUT,” kata Prami.
Tak ada perbedaan yang diterapkan di hotel ini, tamu, karyawan dan managemen memilki derajat yang sama. Saling menghargai, toleransi, rendah hati, kebersamaan serta menjalankan komitment yang telah disepakati merupakan janji yang dipegang oleh karyawan. “open door policy”. Itulah prinsip yang dipegang mangement demi menjaga hubungan harmonis dengan karyawan sebagai penyedia servis.
(BTN/008)

No comments: